Wednesday, August 21, 2013

Pemuda


Saya pemuda. Kalian pemuda. Kita pemuda.
Saya pemimpin. Kalian pemimpin. Kita pemimpin.
Saya membuat perubahan. Kalian membuat perubahan. Kita membuat perubahan.

Pemuda. Tak sedikit orang yang telah sukses memimpin dalam usia mudanya. Contohnya dapat terlihat pada revolusi kemerdekaan Amerika Serikat yang digerakkan oleh pemuda. Pondasi negara adidaya itu dibangun oleh pemuda seperti Benjamin Franklin, George Washington, John Adams, Thomas Jefferson, John Jay, James Madison, dan Alexander Hamilton.
Tak hanya itu. Pemuda lainnya yang telah berhasil memimpin dan membuat perubahan ialah Mark Zuckerberg. Hampir semua penduduk dunia mengetahui siapa itu Mark. Ya, Mark Zuckerberg adalah seorang pemuda penemu situs Facebook. Dan dari situ lah dia dinobatkan pula sebagai miliarder termuda dalam sejarah.

Oke, tidak perlu kita melihat jauh-jauh. Di Indonesia pun banyak orang yang telah menjadi pemimpin dalam usia mudanya. Tengok saja Reza Nurhilman, seorang pengusaha keripik pedas Maicih. Dalam usianya yang masih muda, yakni sekitar 20 tahun, ia mampu membuat terobosan baru dalam kuliner yang sempat membuat heboh para remaja di Indonesia. Selain Reza, mari kita tengok Hendy Setiono, seorang pengusaha Kebab. Di usia 20 tahun, ia mulai menjajaki dunia perbisnisan dengan modal pinjaman Rp 4.000.000,00. Tak lama kemudian, ia DO dari ITS, dan lebih berkonsentrasi pada bisnisnya tersebut. Di usia 22, ia meresmikan kebabnya dengan nama Kebab Baba Rafi. Dan kurang dari sepuluh tahun, ia mampu melebarkan sayapnya hingga Malaysia dan Filipina. Hebat, sebuah terobosan seorang pemuda.

Fakta penting yang lain yang tidak boleh dilupakan pula ialah Soekarno. Fakta bahwa beliau mampu mendirikan suatu organisasi pergerakan Nasional, pada usianya yang masih muda yakni 25 tahun. Organisasi tersebut yang menjadi cikal bakal berdirinya Partai Nasional Indonesia.

Pemuda. Pemuda memang begitu berarti. Pemuda memang mempunyai peran yang besar. Pemuda memiliki potensi tinggi dalam membuat perubahan. Karena pemuda masih memiliki kekuatan yang lebih pada fisik, intelektual, dan emosional. Mempunyai semangat yang tinggi dan menggelora. Mempunyai kemauan yang kuat dan meledak-ledak, dalam membuat perubahan dan pembaharuan.

Hingga Soekarno pernah berkata, “Beri aku seribu orang, dan dengan mereka aku akan menggerakkan Gunung Semeru. Beri aku sepuluh pemuda yang membara cintanya kepada Tanah Air, dan aku akan mengguncang dunia”.

Maka kini pertanyaannya: Apa yang akan, atau sudah kau berikan pada dunia, di usia mudamu ini?
Jawabannya ada pada dirimu, Pemuda!

Semarang, 24 Juni 2013

Anggaina Elfandora


*Tiga kalimat paling atas di awal merupakan kalimat dari teman saya*


No comments:

Post a Comment

About Me